• Pemulih Nusantara

Lokakarya Perencanaan Strategis Kampung Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Lokakarya mengenai Perencanaan Strategis Kampung telah dilaksanakan di Kampung Nappan Yaur, Distrik Teluk Umar, Papua pada 15-16 Agustus 2019 dan Kampung Menarbu, Distrik Roon, Papua Barat pada 20-21 Agustus 2019. Lokakarya ini merupakan kelanjutan dari lokakarya sebelumnya mengenai penyusunan visi kampung pada tahun 2018. Melalui lokakarya ini, Mulianatara mendukung masyarakat lokal untuk menginternalisasi Sustainable Development Goals (SDGs) dalam Rencana Strategis Kampung. Rencana Strategis Kampung ini akan menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah tingkat Kampung.




Muliantara memfasilitasi komunitas lokal untuk mengembangkan misi dan kegiatan dalam Rencana Strategis. Kampung Nappan Yaur berhasil menyusun 8 (delapan) misi dan 32 kegiatan yang mengakomodasi 16 dari 17 SDGs. Sementara itu, Kampung Menarbu telah menyusun 10 misi dan 38 kegiatan yang berkaitan dengan 17 SDGs. Lokakarya kami juga membantu komunitas setempat di Kampung Nappan Yaur untuk mengembangkan strategi untuk mencapai misi-misi mereka, yaitu (1) meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM); (2) memperkuat manajemen institusi dan keuangan; (3) mengembangkan Sumber Daya Alam (SDA) secara berkelanjutan; (4) mengembangkan jejaring pasar; (5) membangun infrastruktur dan fasilitas yang mencukupi; (6) kerjasama dan kemitraan; (7) pemanfaatan Dana Desa dan sumber pendanaan lainnya; (8) menjaga konsistensi dan implementasi supervisi; (9) meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan; dan mempromosikan Nappan Yaur ke dunia luar. Pengembangan strategi yang serupa juga dilakukan secara mandiri oleh masyarakat di Kampung Menarbu dengan dukungan Muliantara.

Lokakarya ini merupakan bagian dari program Kampung Berkelanjutan yang diinisisasi sejak 2018. Pemangku kepentingan lokal sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk mengembangan Kampung-Kampung Berkelanjutan. “Terima kasih kepada Muliantar yang telah memberikan pengarahan dan inspirasi bagi komunitas kami, terutama pemerintah kampung. Hasil dari lokakarya ini akan kami jadikan dasar pengembangan program-program kampung hingga 6 (enam) tahun ke depan. Dengan demikian, program-program kami akan sesuai dengan program Pemerintah Pusat. Kepala Kampung juga akan memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang program dan tujuan yang ingin dicapai. Masyarakat sangat berterima kasih telah menerima banyak ilmu yang bermanfaat”, kata Kepala Kampung Menarbu.

Telp: +62 821 3053 5605

Email: muliantara@muliantara.or.id

Web : www.muliantara.or.id

  • Black YouTube Icon
  • Black Instagram Icon

©2019 oleh Yayasan Pemulih Nusantara.