Program Organisasi Penggerak – Selat Alas

Program Organisasi Penggerak (POP) merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan mendorong hadirnya Sekolah Penggerak yang berkelanjutan dengan melibatkan peran serta organisasi masyarakat. Fokus utamanya adalah peningkatkan kualitas guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

MULIANTARA bekerja sama dengan International Science & Technical Diving Association (ISTDA) dan Juang Laut Lestari (JARI) turut berpartisipasi dalam POP dengan memberikan pelatihan kepada guru dan kepala sekolah yang berada di pesisir Selat Alas, Nusa Tenggara Barat (NTB). POP – Selat Alas ini berlangsung dari 2021-2023. Pelatihan mencakup literasi dan numerasi terpadu dengan pendidikan karakter dengan tema pembelajaran pengelolaan sumberdaya alam pesisir dan laut, yang meliputi:

  1. Design Thinking & Creative Learning, serta Water Life Skill sebagai pendidikan karakter anak-anak pesisir.

  2. Teknik fasilitasi dalam pembelajaran, serta metoda pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan.

  3. Integrasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan dan pengembangan tematik pembelajaran berbasis sumber daya lokal.

  4. Penelitian tindakan kelas

 

Adapun sekolah yang terlibat dalam POP – Selat Alas dari Kabupaten Lombok Timur yaitu SDN 2 Padak Guar, SDN 1 Sugian, SDN 2 Sugian, SDN 2 Gunung Malang, SDN 1 Seruni Mumbul, SDN 8 Pringgabaya, dan SDS Islam Islah Bina Al Hummah, serta dari Kabupaten Sumbawa yaitu SDN Sagena dan SDN 1 Poto Tano.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yaitu perubahan cara mendidik guru dan kepala sekolah, meningkatkan kemampuan menerapkan pembelajaran yang kreatif, meningkatnya kemampuan menggunakan sumberdaya dan kearifan lokal dalam pembelajaran, serta meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar anak didik.